Pages

Subscribe:

.

21 April 2016

Efek kartun layaknya gambar vektor di photoshop 2

Cara membuat efek kartun layaknya gambar vektor di photoshop – Terinspirasi dari gambar vektor yang keren, saya mencoba membuat efek kartun di photoshop yang menyerupai gambar vektor. Tutorial ini bukan tutorial membuat gambar vektor di photoshop, melainkan membuat efek kartun layaknya gambar vektor, karena untuk membuat vektor saya lebih suka membuat di corel draw. lain kali saya akan memberikan tutorial (vektor) itu.
Dalam tutorial terdahulu saya pernah membuat tutorial membuat comic book dengan photoshop. Walaupun sedikit serupa, Tapi dalam tutorial tersebut sangat berbeda dengan tutorial cartoon kali ini. Untuk yang terdahulu tanpa plugin, sedangkan sekarang saya mencoba menggunakan plugin “Topaz Clean“. Plugin ini sudah sangat familiar, jadi untuk Anda yang ingin mendownload  saya rasa akan cepat menemukan/mendapatkan plugin ini. Maaf, karena saya tidak memberikan link download dalam tutorial ini.
Aset Tutorial
  • Photoshop (saya gunakan Photoshop CS4)
  • Plugin Topaz Clean

Cara membuat efek kartun layaknya gambar vektor di photoshop

Langkah 1: Membuka foto

  • Langkah yang pertama, silahkan buka foto terbaik Anda di photoshop. CTRL + J untuk menduplikat.
Langkah 1
Langkah 1

Langkah 2: menerapkan filter poster edges

  • Langkah selanjutnya, klik Filter > Artistic > Poster Edges, masukkan nilai seperti gambar berikut ini. Klik OK jika sudah selesai.
Langkah 2
Langkah 2
Langkah 2
Langkah 2

Langkah 3: membuka plugin topaz clean

  • Langkah selanjutnya, buka Filter > Topaz > Topaz Clean, Pilih Cartooned pada kolom sebelah kiri dan biarkan pengaturan default untuk kolom sebelah kanan. And click OK
Topaz Clean
Topaz Clean
Langkah 3
Langkah 3

Langkah 4: penyempurnaan warna

  • Karena warnanya masih pucat, kita akan sempurnakan warnanya agar lebih terlihat dan matang. Klik Adjusment Layer icon > Hue/Saturation
Hue/Saturation
Hue/Saturation
Langkah 4
Langkah 4
  • Setelah itu Anda juga harus memilih Levels, ikuti seperti di bawah ini.
Levels
Levels
SELESAI, cukup mudah dan memang sangat mudah untuk membuat efek kartun menyerupai gambar vektor di photoshop. Namun Anda harus mempersiapkan plugin Topaz Clean sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar